Cara Menyetel Klep Satria F-150

Foto Gambar Suzuki Satria F-150

Agar Motor Suzuki Satria F-150 anda menjadi lebih bagus, anda harus bisa menyetel klep satria F-150 dengan baik dan benar, Berikut ini merupakan langkah-langkah dan cara menyetel suzuki satria f-150. Pertama-tama buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet. hingga terlihat huruf T pada magnet. 

Cara Menyetel Klep Satria F-150

Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in 0.20-0.30 untuk klep ex. Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya.

Kalo sudah sesuai tinggal lepas noken as nya dan lepas rumah untuk shim. Selanjutnya yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh. Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai. Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.